Selasa, 30 Agustus 2011

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz berada di Pulau Papua. Taman Nasional di Indonesia yang diresmikan tahun 1997 merupakan taman nasional dengan ekosistem terlengkap di Asia Tenggara dan Pasifik. Meliputi vegetasi dari kawasan  alpin, sub-alpin, montana, sub-montana, dataran rendah, dan lahan basah. Dari Puncak gunung es Jayawijaya hingga perairan di Laut Arafura di selatan Papua. Kota yang dekat dengan Taman Nasional Lorentz ini adalah Timika dan Wamena.

Selain dari flora dan fauna yang begitu beragam karena lingkup vegatasi yang lengkap, kawasan Taman Nasional Lorentz ini juga memiliki kekayaan budaya yang sangat menakjubkan. Budaya dari penduduk asli di sana diperkirakan telah berumur 30.000 tahun. Tercatat suku  Nduga, Dani Barat, Amungme, Sempan dan Asmat yang menjadi penduduk asli di kawasan ini. Suku Asmat merupakan suku yang terkenal akan ketrampilannya memahat patung. Dan disana juga terdapat mumi kepala suku Dani, yang terkenal dengan nama Mumi Lembah Baliem.

Tak dapat dipungkiri bahwa kekayaan alam ini harus terus dilestarikan. Bahkan UNESCO menetapkan Taman Nasional Lorentz sebagai Situs Warisan Alam Dunia dan ASEAN menetapkan sebagai Warisan Alam ASEAN. Dan semoga gelar tersebut menjadikan kita lebih menyadari arti pentingnya alam bagi kehidupan manusia.

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz
Taman Nasional Lorentz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar